top of page
Writer's pictureceritalanaa

Pentingnya Melindungi Data Pribadi

Updated: Nov 10, 2020



Pada hari libur dalam kalender burung, Lala sudah bangun pagi-pagi dan berciut-ciut di tepi dahan pohon.


Tapi, hari ini ada yang janggal. Lala tidak seperti burung pada umumnya, karena mengenakan helm dan menutupi pita kuningnya.


“Kamu ngapain, La?” tanya Nano.


“Lala lagi berselancar di internet. Sebagai burung yang melek digital, Lala sedang menjalankan konsep dasar literasi digital, proteksi atau perlindungan,” jawab Lala penuh wibawa.


“Terus kenapa pakai helm?” tanya Nano keheranan.


“Proteksi, untuk keamanan,” jawab Lala.


Nano geleng-geleng kepala dan berkata, “Gak gitu juga. Kamu salah memahami maksud proteksi dalam konsep dasar literasi digital.”


“Terus gimana?” tanya Lala.


“Gini, proteksi yang dimaksud itu ada tiga, yaitu perlindungan data pribadi, keamanan online dan privasi individu,” jelas Nano.


“Ah, ribet banget sih mau melek digital,” keluh Lala.


“Sabar, gak sulit kok. Dengerin dulu penjelasan aku!” sambung Nano, “Kita perlu sadar dan paham akan keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan internet, salah satunya dengan cara melindungi data pribadi kita.”


“Data pribadi itu apa, No?” tanya Lala.


“Data pribadi itu seperti nomor ponsel, nama orang tua, tanggal lahir, alamat, dan nomor rekening. Nah, data-data itu harus kita lindungi. Jangan diberitahu ke sembarang orang! Karena bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” jelas Nano lagi.


“Duh, di akun facebook, Lala cantumin tanggal lahir. Gimana tuh, No?” tanya Lala takut.


“Saran aku, segera dihapus. Jangan pernah mengekspos data pribadi ke publik, baik secara online maupun offline,” jawab Nano.


Nano kemudian mengambil helm yang masih dikenakan Lala.

“Mau ngapain, No?” tanya Lala bingung.


“Mau ke ATM ngambil uang,” jawab Nano sambil mengenakan helm. “Ambil uang pakai ini,” ujar Nano lagi sambil menunjukan sebuah kartu berwarna kuning.


“Loh, itu kan punya Lala,” seru Lala kaget, “Emang Nano tau sandinya apa?”


“Tanggal lahir Lala,” jawab Nano kemudian terbang.


“Huh! Lala harus melindungi data pribadi biar gak disalahgunakan sama orang yang gak bertanggung jawab kayak Nano!” gumam Lala kesal dengan ulah kembarannya.

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page