top of page
Writer's pictureceritalanaa

Mengetahui dan Memahami Literasi Digital


Sudah pernah dengar kata literasi digital atau digital literacy? Apa kamu tahu soal literasi digital atau digital literacy? Kalau kamu belum tahu, tidak apa karena sekarang Lala dan Nano akan bantu kamu untuk mengetahuinya. Mengetahui dan memahami literasi digital lewat artikel ini, baca sampai selesai ya!


Pertama, Lala dan Nano akan kasih kamu beberapa pertanyaan.


1. Apakah kamu pernah mengunggah foto bersama keluarga di instagram?

2. Apakah kamu pernah mencari jawaban untuk pekerjaan rumahmu dari google? Lalu mengirim jawabannya lewat email ke gurumu?

3. Apakah kamu juga pernah mengobrol dengan teman-teman kelasmu di grup whatsapp?


Kalau semua jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya, maka kamu sudah melakukan kegiatan literasi digital. Baru sadar ya?


Eits, tapi tunggu dulu! Literasi digital bukan cuma soal menggunakan peralatan teknologi digital saja, ya! Sebenarnya kata literasi banyak digunakan dan dipasangkan dengan kata-kata lain juga, seperti literasi membaca, literasi informasi, literasi media, dan lainnya.


Literasi memiliki arti kemampuan, keterampilan dan keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, literasi digital bisa kita artikan sebagai kemampuan, keterampilan dan keahlian dalam menggunakan teknologi digital untuk kehidupan sehari-hari.


Setelah kamu paham pengertiannya, Lala dan Nano juga mau kasih tahu kamu soal kemampuan, keterampilan dan keahlian apa aja sih yang perlu kamu miliki dalam literasi digital. Biar mudah Lala dan Nano sebut itu 5M, yaitu menemukan, membuat, menggunakan, mengevaluasi, dan memanfaatkan teknologi dan informasi digital secara sehat, bijak, cerdas, cermat dan tepat.


Kemampuan 5M dan literasi digital penting untuk kita miliki saat ini, kenapa? Karena kita sudah memasuki era digital. Mulai dari bermain, berkomunikasi, sampai belajar dan sekolah sudah dilakukan secara digital.


Jadi, Lala dan Nano berharap kamu menjadi anak-anak yang paham apa itu literasi digital, kamu juga harus bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari ya. Lala dan Nano akan bantu kamu untuk mengenal lebih jauh soal literasi digital mulai saat ini.


Selamat datang di pemahaman literasi digital!

17 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page