top of page
Writer's pictureceritalanaa

Makan Teratur dan Seimbang, Modalmu untuk Berkegiatan

Updated: Nov 26, 2020


Berlari mungkin adalah salah satu hobi kamu. Berlari dari kelas ke kantin sekolah, berlari saat jam pelajaran olahraga, atau berlari di lapangan dekat rumah saat sore hari. Namun, tahukah kamu hal yang bisa membuat larimu lebih baik dan lebih kencang?


Jawabannya adalah makanan sebagai sumber tenaga. Kamu butuh makan dan minum sebagai bahan bakar larimu. Salah satu asosiasi pelatih kebugaran menyebutkan, untuk dapat berlari dengan baik, kamu butuh karbohidrat, protein dan air yang cukup.

Karbohidrat dan protein dapat kamu miliki dari makanan yang kamu konsumsi. Saat kamu makan nasi atau jagung, kamu berarti tengah mengisi tubuhmu dengan kandungan karbohidrat. Saat kamu makan telur atau tempe, itu berarti protein dalam tubuhmu sedang diisi.


Tubuh kita ibarat mobil, apa mobil bisa digunakan terus menerus tanpa diisi bensin? Tentu tidak, begitu juga tubuhmu, dan tubuh kita semua yang membutuhkan makanan secara teratur dan seimbang untuk berbagai kegiatan.


Makan Teratur dan Sesuai Kebutuhan

Makan secara teratur dan sesuai kebutuhan adalah cara untuk merawat tubuhmu. Lalu, bagaimana cara melakukannya?


Pertama, kita perlu tahu, bahwa kebutuhan setiap orang berbeda-beda, karena tenaga yang digunakan untuk aktivitasnya juga berbeda. Kakak yang berusia 17 tahun membutuhkan karbohidrat lebih banyak dari kamu yang berusia 11 tahun.


Kedua, kita perlu tahu kebutuhan diri kita. Para ahli gizi menuliskan, bahwa anak-anak membutuhkan banyak vitamin, kalsium, protein dan karbohidrat.


Ketiga, kita perlu tahu jam makan kita. Kita butuh makan tiga kali sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kebutuhan tenaga untuk bergerak atau berpikir di sekolah.


Jika semuanya sudah kita ketahui, selanjutnya kita bisa melakukan pola makan teratur dan sesuai kebutuhan. Kata sesuai kebutuhan tentu berbeda ya dengan sesuai keinginan. Untuk mendapat tenaga dan energi, kita tidak harus makan-makanan yang mahal.


Saat tidak ada buah anggur, karena sulit didapat, kita bisa tetap makan buah lain, seperti jambu air atau pepaya.Kita juga bisa mendapat protein dari sumber makanan seperti tahu dan tempe.


Hal yang paling penting, kita tetap bisa mengisi tubuh kita dengan makanan yang beragam dan sehat. Sebab, kebutuhan tubuh kita juga beragam.


Beberapa penyakit timbul saat kita tidak makan secara teratur dan sesuai kebutuhan. Penyakit tersebut adalah kurang gizi dan obesitas. Indonesia menjadi negara dengan tingkat kurang gizi dan obesitas anak yang cukup tinggi.


Lalu, apa akibatnya kalau banyak anak Indonesia menderita kurang gizi atau obesitas?


Kurang gizi akan berpengaruh pada sedikitnya tenaga dan energi yang dimiliki, seperti mobil yang kekurangan bensin. Selain itu, juga bisa menghambat pertumbuhan, karena zat yang dibutuhkan tubuh untuk lebih tinggi dan lebih kuat tidak ada.


Sedangkan obesitas atau kelebihan berat badan bisa membuat seseorang mengalami penyakit lainnya seperti diabetes. Obesitas juga bisa menyebabkan kematian.


Untuk itu, kenapa kita diharuskan makan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan tubuh? Karena dari situ kita bisa menjaga diri kita dan menyayangi diri kita. Membuat kita lebih sehat dan bisa beraktivitas dengan lebih baik.

9 views0 comments

Comments


bottom of page