top of page
Writer's pictureceritalanaa

Iklim Pengaruhi Olahragamu, atau Olahragamu Pengaruhi Iklim?



Tahukah kamu bahwa ada sebuah prediksi tentang banyaknya stadion yang mengalami kebanjiran di tahun 2050? Banjir tersebut akan menghambat kegiatan olahraga di berbagai negara. Perubahan iklim yang membuat cuaca tidak menentu, curah hujan tidak stabil dan permukaan air laut semakin tinggi menyebabkan terjadinya banjir.


Kondisi iklim yang tidak menentu dapat berpengaruh pada sektor olahraga. Iklim bukan hanya membuat sebagian fasilitas olahraga kebanjiran, tapi juga bisa mengurangi fasilitas olahraga. Sebab perubahan iklim yang terjadi bisa melelehkan es di kutub. Hal tersebut tentu mengurangi bahkan merusak fasilitas olahraga salju yang selama ini ada.


Perubahan iklim yang membuat kondisi bumi semakin panas, ternyata juga berbahaya bagi kita yang melakukan olahraga. Panasnya suhu bumi yang meningkat akibat krisis iklim membuat olahraga atau aktivitas yang dilakukan di luar ruangan berbahaya bahkan mematikan.


Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi bahwa kondisi panas yang berkaitan dengan perubahan iklim dapat menyebabkan kematian. Angka kematiannya mencapai 38.000 lebih di antara tahun 2030 – 2050. Panas akan membuat seseorang kelelahan hingga stroke.


Seberapa Berpengaruh Olahragamu terhadap Iklim?


Pertanyaan berikutnya adalah tentang apakah kamu tahu, bahwa hobimu bisa merubah iklim menjadi lebih baik? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Namun, satu hal yang pasti itu sangat mungkin terjadi.


Hobi berolahraga adalah salah satu hobi yang bisa berpengaruh pada perubahan iklim. Beberapa jenis olahraga dapat memperbaiki kualitas udara yang memburuk akibat perubahan iklim. Salah satu jenis olahraga tersebut adalah bersepeda.


Pada tahun 2015, Lembaga Transportasi dan Peraturan Pembangunan melakukan penelitian dan menemukan hasil bahwa peningkatan 20 persen jumlah pengguna sepeda dapat mengurangi emisi karbon dunia. Jumlah emisi karbon yang berkurang bisa mencapai 11 persen pada tahun 2050. Dampak positif dari bersepeda cukup besar bukan.


Saat kamu suka berolahraga, kamu juga bisa menjaga bumi dan melawan perubahan iklim dengan bijak dalam konsumsi peralatan olahraga. Menggunakan pakaian atau sepatu olahraga yang kamu punya saat ini dengan maksimal adalah salah satu caranya. Produksi pakaian dan sepatu olahraga berkaitan dengan industri tekstil, di mana industri ini menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar di dunia.


Membeli alat olahraga seperlunya dan menggunakannya secara maksimal adalah upaya membuat olahragamu berpengaruh pada iklim. Kamu sudah turut mengurangi sampah yang mencemari bumi. Pengaruhnya tentu adalah pengaruh baik.


Di sisi lain, para praktisi di bidang olahraga sudah memahami bahwa hobi dan kegiatan berolahraga memiliki dampak pada perubahan iklim. Untuk itu, mereka mulai menyiapkan berbagai inovasi untuk membuat kegiatan ini ramah lingkungan. Seperti membuat fasilitas olahraga ramah lingkungan dan bebas emisi.


Fasilitas olahraga ramah lingkungan sudah dibuat di Jepang, khususnya untuk menyambut Olimpiade Tokyo yang mestinya dilakukan di 2020. Jepang membangun fasilitas-fasilitas olahraga ramah lingkungan. Olimpiade Jepang juga berkomitmen pada nol emisi karbon dan nol sampah.


Jadi, setelah ini, kamu akan membiarkan perubahan iklim pengaruhi olahragamu, atau akan menjadikan olahrgamu berpengaruh terhadap iklim? Tapi ingat, saat olahragamu dapat pengaruhi iklim, pastikan pengaruhnya adalah pengaruh baik ya!


Recent Posts

See All

Comments


bottom of page