top of page
Writer's pictureceritalanaa

Kenalan dengan Epidemiolog


Kamu pernah dengar kata epidemiolog? Kata tersebut cukup sering muncul di televisi dan berbagai media di tahun 2020. Biasanya, para epidemiolog muncul dan berbicara soal penanganan penyakit, salah satunya COVID 19. Sampai di sini, apa kamu sudah bisa menebak, apa yang dimaksud epidemiolog?


Nah, untuk tahu jawabannya, kita akan coba bahas dan kenalan sama epidemiolog.


Epidemiolog adalah seorang yang memahami dan ahli di bidang epidemiologi. Epidemiolog bekerja di bidang kesehatan dan punya peran besar dalam menangani suatu penyakit.


Meskipun sama-sama menangani penyakit, tapi epidemiolog tidak sama dengan dokter. Dokter bertugas untuk menyembuhkan, memberi obat, mendeteksi penyakit dan memberitahu ha-hal apa saja yang bisa dilakukan supaya pasien bisa sembuh. Sedangkan epidemiolog, Ia mengurus penyakit yang berkaitan dengan orang banyak.


Epidemiolog tidak memberikan obat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Mereka akan melakukan penelitian terhadap suatu wabah penyakit. Maka dari itu, epidemiolog bisa juga disebut sebagai detektif wabah penyakit.


Kenapa? Karena epidemiolog akan meneliti dan mencari tahu soal asal mula suatu wabah, cara wabah penyakit menyebar, hingga resiko dari sebuah wabah penyakit. Selain itu epidemiolog juga dapat menemukan cara mengatasi wabah. Epidemiolog juga bisa memperkirakan hal apa saja yang bisa mencegah wabah tersebut kembali terjadi.


Ada beberapa hal yang akan dilihat oleh epidemiolog untuk meneliti sebuah wabah penyakit, yaitu:


1. Siapa yang terkena wabah penyakit tersebut? Jika kita ambil contoh wabah COVID 19, maka epidemiolog akan mencari tahu siapa saja yang terkena wabah COVID 19.

2. Bagaimana gejala penyakit dari wabah tersebut?

3. Kapan orang dapat terkena penyakit dari wabah tersebut?

4. Di mana wabah tersebut tersebar dan bisa menjangkit seseorang?


Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, selanjutnya epidemiolog akan melihat dan menghitungnya melalui metode statistik. Untuk selanjutnya menemukan resiko dari sebuah wabah dan cara menanganinya.


Menjadi Epidemiolog


Kalau kamu tertarik untuk menjadi seorang epidemiolog, kamu bisa sekolah di jurusan kesehatan masyarakat. Di jurusan tersebut, kamu akan menemukan peminatan lebih lanjut, yaitu epidemiologi. Mereka yang belajar epidemiologi akan menjadi epidemiolog.


Para calon epidemiolog akan belajar soal virus dan wabah juga populasi manusia. Ada beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini, salah satunya Universitas Indonesia.


Setelah lulus sekolah, umumnya para epidemiolog akan bekerja di lembaga swadaya masyarakat atau organisasi kesehatan, seperti organisasi kesehatan dunia atau WHO. Para epidemiolog juga banyak yang bekerja bersama pemerintah, seperti Kementerian Kesehatan untuk menangani wabah di suatu negara.


Bagaimana, apa kamu tertarik jadi epidemiolog?

Comments


bottom of page