top of page
Writer's pictureceritalanaa

Kebebasan Berekspresi Pengguna Internet

Updated: Dec 9, 2020


Pernah dengar percakapan dua burung kembar sebelum tidur? Kira-kira begini.


Lala: “Tahu gak No? Lala udah khatam baca soal kebebasan berekspresi pengguna internet di website ceritalanaa loh!”


Nano: “Wah, dalam rangka apa La?”


Lala: “Bahan evaluasi Lala setelah kita berdebat soal hak pengguna internet.”


Nano: “Keren kamu La. Jadi apa aja yang Lala pahami?”


Lala: “Awalnya Lala bingung No, karena kebebasan berekspresi itu masuk dalam hak asasi manusia alias HAM. Nah, sebagai burung yang aktif menggunakan internet, apa kita juga punya hak kebebasan berekspresi?”


Nano: “Jelas aja iya dong. Siapa pun itu punya hak untuk mengungkapkan pendapat, opini, ide atau perasaannya agar didengar oleh pihak lain. Lagi pula hewan juga punyak hak asasi loh sama seperti manusia.”


Lala: “Wah, kamu pasti aktif baca artikel ceritalanaa bulan Oktober ya? Hihihi...”


Nano: “Iya dong. Lanjutin dong bahasan yang tadi La?”


Lala: “Terus kita gak perlu merasa takut untuk berekspresi di internet dengan memperhatikan beberapa hal.”


Nano: “Pasti soal jangan melanggar hak orang lain ya?”


Lala: “Iya itu salah satunya. Selain itu, yang perlu banget diingat adalah bebas berekspresi bukan berarti sembarangan. Kita tetap dilarang untuk menyebarkan informasi palsu dan ujaran kebencian. Jadi kita tetap harus berhati-hati dalam berekspresi.”


Nano: “Iya benar juga La. Kita harus sadar kalau apa yang kita unggah di internet bisa diakses siapa pun dan kapan pun.”


Lala: “Yap. Makanya ada istilah saring sebelum sharing No. Kita harus siap dengan semua akibat setelah kita mengunggah sesuatu di internet.”


Nano: “...”


Lala: “Oiya ternyata instagram, twitter, youtube, whatsapp, blog, pokoknya semua media komunikasi online bisa digunakan untuk wadah kebebasan berekspresi. Kamu tahu gak ada media komunikasi yang punya lambang burung?”


Nano: “...”


Lala: “Sebenarnya Lala juga baru sadar sih, ternyata logo twitter itu burung. Kayaknya pendirinya terinspirasi dari kita deh!”


Nano: “zzzz”


Lala: “Ya ampun pantesan dari tadi gak nyaut, ternyata udah ngorok duluan. Dikira cerita Lala dogeng sebelum tidur kali yaa?”

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page