top of page
Writer's pictureceritalanaa

Indonesia Belum Melindungi Hewan dengan Baik

Updated: Nov 12, 2020


Kera. Gambar oleh Ade Arman dari Pixabay

Ada banyak penghargaan dan penilaian untuk negara di dunia, salah satunya adalah negara paling aman untuk hewan. Salah satu negara paling aman dan paling baik dalam melindungi hewan adalah Austria.


Austria mendapat nilai B dalam penilaian indeks perlindungan hewan dunia. Ada banyak hal yang dinilai, seperti perlindungan terhadap hewan ternak, perlindungan hewan peliharaan, hingga perlindungan bagi hewan yang digunakan untuk penelitian.


Sejak tahun 2017, Austria sudah menjadi negara yang secara ketat melarang perburuan dan pemeliharaan hewan liar. Austria juga melarang penggunaan hewan liar untuk sirkus.

Lalu, kira-kira bagaimana dengan Indonesia?


Indonesia mendapatkan nilai E dalam hal perlindungan hewan. Cukup jauh dari Austria. Kenapa Indonesia mendapat nilai E? Salah satu poin yang paling buruk adalah karena Indonesia masih menggunakan hewan untuk hiburan, seperti sirkus.


Contoh lain adalah ajang adu hewan yang dijadikan tontonan. Seperti mengadu anjing atau ayam. Hal tersebut dianggap melanggar hak hewan untuk bebas dari rasa takut dan tertekan.


Lalu ada lagi yang membuat nilai Indonesia jelek, yaitu banyaknya pemeliharaan hewan liar di Indonesia. Hal ini membuat Indonesia tidak dapat memberikan perlindungan yang baik kepada hewan.


Hewan liar yang dipelihara umumnya juga dijual secara ilegal, karena kita memang tidak boleh memelihara hewan liar. Kenapa? Karena hewan liar tidak bisa hidup bersama manusia, mereka punya habitat dan lingkungan yang mereka butuhkan, yaitu alam bebas.


Satu lagi yang membuat Indonesia tidak menjadi negara yang memberikan perlindungan kepada hewan, yaitu jual beli hewan untuk makanan. Akan tetapi, bukan hewan konsumsi ya seperti sapi atau ayam, melainkan kucing dan hewan liar lainnya.


Masih banyak masyarakat Indonesia yang memakan hewan liar, sebagian merupakan bagian dari budaya. Sebagian lagi menganggapnya sebagai obat.


Namun sayangnya, perilaku memakan hewan liar ini tidak dibenarkan dalam perlindungan hewan dunia. Untuk itu, pemerintah Indonesia, bapak Menteri dan lainnya berusaha melindungi hewan dengan membuat berbagai aturan.


Oh ya, kamu tahu tidak kementrian apa saja yang memiliki tugas untuk melindungi hewan?

Ada dua, yaitu Kementrian Pertanian dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kedua kementrian ini membuat peraturan dan berusaha mengajak masyarakat untuk dapat bersama-sama melindungi hewan di Indonesia.


Kamu mau kan bantu melindungi hewan-hewan? Kalau ya, kita bisa patuhi aturan dari pemerintah, memastikan hak hewan terpenuhi dan menjaga mereka bersama-sama.

Comments


bottom of page