top of page
Writer's pictureceritalanaa

Hewan Tidak Bisa Makan Makanan Manusia

Updated: Nov 18, 2020


Kamu pernah didatangi kucing saat makan di warung pinggir jalan? Lalu supaya kucingnya cepat pergi kamu kasih sebagian nasimu yang tercampur dengan ikan lele? Kalau ya, sebaiknya itu jadi kali terakhir ya, setelah ini jangan lagi.


Kita memang suka kasihan dan ingin membantu hewan-hewan yang kelaparan. Untuk itu kita kasih mereka makan. Kita juga suka kasih makan ke hewan liar saat bertemu di hutan atau alam.


Perbuatan seperti itu memang baik, karena kita memiliki rasa peduli dan sayang kepada sesama makhluk hidup. Namun, satu hal penting yang perlu kita ketahui adalah, kita tidak boleh menyamakan makanan kita dengan makanan hewan.


Suatu waktu mungkin kita pernah memberikan potongan roti dan daging yang kita makan kepada kucing dekat rumah. Lalu kucing itu suka dan memakannya dengan lahap. Tapi hal itu tidak sehat.


Manusia dan hewan memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Saat kita makan makanan yang bernutrisi untuk manusia, bisa jadi itu justru berbahaya bagi hewan. Karena kita punya sistem pencernaan yang berbeda pula.


Ada beberapa jenis makanan manusia yang tidak baik dikonsumsi oleh hewan, yaitu:


- Coklat

- Minuman bersoda

- Mie Instan

- Bawang bawangan

- Makanan siap saji


Makanan siap saji bisa membuat hewan obesitas dan mengalami gizi tidak seimbang. Akibatnya, hewan bisa saja sakit atau berubah perilakunya.


Bagaimana maksudnya?


Saat hewan kekurangan nutrisi atau justru kelebihan berat badan karena terlalu banyak makan makanan manusia. Akibatnya dia jadi malas bergerak atau tidak lagi punya kemampuan untuk mencari makan sendiri.


Pada akhirnya, hewan-hewan tersebut justru tergantung dengan manusia. Saat tidak dibantu, dia akan lebih mudah sakit karena tidak bisa bertahan.


Selain itu, saat nutrisi hewan tidak terpenuhi atau kebutuhan tubuhnya tidak terpenuhi, dia juga bisa menjadi tidak produktif. Hewan akan sulit berkembang biak.


Kita sebagai manusia memang punya kewajiban untuk memenuhi hak hewan, yaitu bebas dari rasa haus dan lapar. Caranya adalah dengan memberi makan. Namun bukan hanya itu, kita juga bisa menjaga alam, supaya sumber makanan hewan terjaga.


Kita juga perlu tahu makanan yang sesuai dengan hewan yang akan kita beri makan. Sebab, suka saja tidak cukup. Makanan yang disukai hewan belum tentu baik untuk mereka. Apalagi kalau kita mengukurnya dengan makanan kesukaan kita.


Karena manusia dan hewan punya kebutuhan dan organ tubuh yang berbeda.

コメント


bottom of page