top of page
Writer's pictureceritalanaa

Bolehkah Kita Memelihara Hewan?



Kalau kamu ditanya dengan kalimat dalam judul, kamu akan jawab apa? Kamu bisa jawab dengan kata boleh.


Kita boleh saja memelihara hewan, tapi ada aturannya. Tidak semua hewan boleh untuk kita pelihara di rumah. Tidak semua hewan juga bebas kita kembangbiakkan.


Kita boleh memelihara hewan untuk kebutuhan tertentu, seperti memanfaatkannya untuk kebutuhan pertanian. Seperti para petani menggunakan sapi untuk membajak sawah.


Kita juga boleh memelihara kucing, sebab kucing memang masuk dalam kategori hewan peliharaan yang mudah bergaul dengan manusia.


Tidak Boleh Memelihara Hewan Dilindungi


Aturan memelihara hewan menjadi tidak boleh ketika kita memelihara hewan dilindungi. Memang sebetulnya, apa yang dimaksud hewan dilindungi?


Hewan atau satwa dilindungi adalah hewan yang jumlahnya sudah sedikit, sehingga sudah jarang ditemui. Selain itu, hewan ini juga terancam punah. Untuk itu perlu dilindungi.


Hewan dilindungi jumlahnya ada banyak, ada lebih dari 700 jenis hewan, diantaranya adalah Burung Kakaktua Putih, Ular Sanca Hijau, Biawak Hijau, Musang Air, sampai Bekantan.


Kita tidak boleh memelihara ketujuh ratus hewan tersebut. Karena, jika hewan tersebut kita pelihara, maka kemungkinan mereka untuk berkembang biak menjadi kecil. Dengan begitu, maka jumlah mereka akan semakin sedikit.


Selain itu, hewan-hewan dilindungi ini umumnya adalah hewan liar yang membutuhkan tempat tinggal di alam bebas. Saat mereka dipelihara dalam kandang yang terbatas, maka mereka bisa sakit dan tertekan.


Memelihara hewan liar dan dilindungi juga akan membuat mereka punah dan berubah. Mereka yang awalnya adalah hewan liar yang bisa mencari makanan sendiri, akhirnya berubah menjadi hewan jinak yang bergantung pada manusia.


Memelihara hewan dilindungi dan liar bukan hanya membahayakan kehidupan hewan tersebut, tapi juga kehidupan kita.


Mereka yang memelihara hewan dilindungi bisa mendapat hukuman dari pemerintah. Selain itu, mereka juga bisa terancam terkena serangan hewan liar.


Meskipun dipelihara dalam kandang, hewan liar tetap memiliki insting untuk bertahan dan melindungi diri. Saat mereka merasa terancam dan tidak nyaman, mereka bisa saja menyerang manusia.


Saat kita memelihara hewan liar dan dilindungi berarti kita telah mengambil hak mereka. Mereka memiliki hak untuk hidup nyaman. Salah satunya dengan tetap berada di rumah mereka seperti hutan atau laut, dan berkumpul dengan hewan sejenis.


Nah, dari informasi ini, harapannya kamu bisa tetap menyayangi binatang meskipun tidak memilikinya ya. Membiarkan mereka nyaman dan hidup di rumah mereka adalah bentuk kasih sayang kita.


Namun, kalau kamu tetap mau memelihara hewan, kamu bisa pelihara hewan yang dekat dengan manusia. Kamu bisa pelihara anjing, kucing atau ikan hias di rumah.

Opmerkingen


bottom of page