top of page
Writer's pictureceritalanaa

Apa yang Perlu Kita Tahu dari Virus Corona?



Sudah lebih dari lima bulan kita sering mendengar kata virus corona. Kasus pertama virus corona di Indonesa terjadi pada 2 Maret 2020. Banyak kegiatan yang akhirnya perlu dihentikan atau dirumahkan untuk mengatasi penyebarannya, mulai dari kerja, sekolah, sampai ibadah.


Kita tidak lagi bebas bertemu teman, main di lapangan atau jalan-jalan di akhir pekan. Virus corona memberikan dampak yang sangat besar bagi kita. Akan tetapi, apakah kita sudah tahu betul apa itu virus corona? Kenapa kita sampai harus terus ada di rumah karena virus ini? Yuk kita cari tahu sama-sama soal virus corona!


Apa itu virus corona?


Virus corona merupakan keluarga besar virus yang bisa menyerang manusia atau hewan. Saat menyerang manusia, virus ini bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan seperti flu. Ada beberapa jenis virus corona di dunia, salah satu yang terbaru adalah COVID 19.


Lalu, apa yang dimaksud dengan COVID 19?


COVID 19 yang banyak kita dengar saat ini adalah jenis dari virus corona yang tengah melanda dunia. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019.


Seorang yang terserang virus COVID 19 akan mengalami beberapa gejala seperti demam, batuk kering dan lemas. Ada juga yang merasakan nyeri, sakit tenggorokan, sakit kepala, diare, tidak dapat mencium bau-bauan, sampai ada perubahan warna di ujung jari kaki atau tangannya. Namun, jika sudah parah, virus ini bisa menyebabkan korbannya kesulitan bernafas sehingga membutuhkan alat bantu seperti ventilator.


Bagaimana COVID 19 menyebar?


Virus COVID 19 menyebar dari manusia ke manusia. Caranya melalui tetesan atau percikan dari hidung atau mulut, saat orang yang terkena virus ini batuk, bersin atau bicara. Ini alasan kenapa kita harus memakai masker dan menjaga jarak. Karena masker bisa menutup mulut dan hidung kita supaya terhindar dari percikan atau tetesan tersebut. Kita juga bisa menjaga orang lain dengan tidak memberikan percikan atau tetesan tersebut, karena mulut dan hidung kita sudah tertutup.


Selain itu, virus COVID 19 juga bisa menyebar melalui sentuhan. Maksudnya adalah kita bisa terkena virus COVID 19 ketika kita menyentuh permukaan barang yang ada virusnya. Barang tersebut terkena percikan atau tetesan dari orang yang sudah lebih dulu terkena virus ini. Untuk itu, kita harus rajin cuci tangan dan mengurangi sentuhan pada barang ataupun orang di luar rumah.


Apakah virus COVID 19 bisa menyerang anak-anak?


Jawabannya bisa. Anak-anak dan remaja juga bisa terkena virus ini, sama seperti orang dewasa. Namun, kemungkinan terkenanya lebih kecil. Meskipun begitu, kita tetap harus jaga jarak, menggunakan masker dan berdiam di rumah untuk memperkecil kemungkinan terkena virus ini.


Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah virus COVID 19?


Ada empat hal yang bisa kita lakukan saat ini, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, dan berdiam diri di rumah atau tidak berpergian jauh. Karena jika kita terus berpergian, maka resiko tertular virus ini akan semakin besar, dan resiko kita membawa serta menyebarkan virus ke orang lain juga semakin besar. Untuk itu, jaga kesehatan dan tetap di rumah ya! Dengan begitu kamu bisa menjaga dirimu, keluargamu dan banyak orang di sekitarmu.

コメント


bottom of page